Minggu, 29 Mei 2011

Akses Pasar Kahayan Mulai Diatur Dishub Pengelolaan Parkir Diserahkan ke Pihak Swasta

SEMAKIN dekatnya waktu pengoperasionalan Pasar Kahayan Juni mendatang, mendesak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Palangka Raya, bergerak dan mengatur akses masuk dan kawasan perparkiran. Bangunan yang sudah mencapai tahap finishingnya ini, dipastikan mulai diresmikan bertepatan dengan HUT Kota Palangka Raya.

Berbagai persiapanpun telah dirintis. Mulai dari penempatan pedagang hingga pengisian blok, sudah diatur oleh Dinas Pasar dan Kebersihan (Dispankeb) Kota Palangka Raya. Nah, kini giliran Dishubkominfo Kota Palangka Raya yang unjuk menata dan mengatur akses hingga parkir di pasar milik pemerintah ini.
Kepala Dishubkominfo Kota Palangka Raya Drs Kristian Asi mengatakan, kini pihaknya melakukan survey sebagai tahap awal, setelah melakukan beberapa kali rapat koordinasi dengan instansi teknis.
“Guna mempermudah akses atau lalu lintas menuju dan meninggalkan Pasar Kahayan, maka perencanaan harus tepat. Selain itu, kita juga sekaligus menentukan lokasi atau area perparkirannya,” terangnya ketika meninjau lokasi Pasar Kahayan, Jumat (27/5).
Lebih lanjut disampaikannya, rencananya sebelum launching Pasar Modern Kahayan tersebut, terlebih dahulu dipersiapkan akses yang memudahkan masyarakat masuk. Sebab, seperti diketahui saat ini akses menuju ke Pasar Kahayan masih sangat sulit.
“Nantinya, kita merencanakan membongkar rombong-rombong yang ada di sekitar Pasar Kahayan. Tepatnya di tepi jalan keluar dan masuk. Rencananya, para pedagang kaki lima (PKL) yang ada akan dipindahkan atau dimasukan ke blok khusus yang telah disediakan oleh Dinas Pasar Kota Palangka Raya,” ujar pria yang tahun depan memasuki masa purna tugas ini.
Dia mengatakan, pengelolaan parkir akan diserahkan kepada pihak swasta. Tentunya dengan tarif yang telah ditetapkan oleh perda yakni tarif khusus. Yakni antara seribu rupiah untuk tarif kendaraan roda dua dan dua ribu rupiah untuk tarif kendaraan roda empat.
“Kami juga akan memberikan rompi khusus untuk para juru parkir, sehingga mudah dikenali oleh masyarakat,” kata Kristian.
Sementara itu Kabid Parkir Dishubkominfo Kota Palangka Raya, Drs Frank Welafubun, menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah mempersiapkan lokasi parkir yang tepat. Sehingga nantinya tidak mengganggu jalan masuknya pengunjung ke lokasi.
Frank menyampaikan, belum dapat menentukan berapa jumlah juru parkir yang akan ditugaskan nantinya. “Nantinya kita akan koordinasikan dahulu dengan pengelolanya bagaimana. Sistem parkir Pasar Kahayan harus lebih baik dari pasar swasta lainnya yang memberikan kemudahan kepada pengunjungnya,” pungkasnya.
(jun)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com