Selasa, 31 Mei 2011

Waspadai Demam Berdarah

PALANGKA RAYA – Cuaca yang kian tidak menentu dan ekstrem beberapa pekan terakhir ini, sangat berpotensi terjadi penyeberan nyamuk demam berdarah.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Sudarmini mengimbau, masyarakat selalu waspada terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD) tersebut.
Untuk mengindari penyakit ini, kata dia, masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan. Upaya lainnya yakni melakukan pemberantasan jentik nyamuk dengan gerakan 3 M Plus yakni mengubur, menguras dan menutup plus hindari gigitan nyamuk.
“Dari Januari sampai saat ini belum ada terjadi kasus DBD. Namun yang ada hanya kecurigaan atau indikasi saja,” ungkapnya kepada wartawan di Aula Setda Kota Palangka Raya, Selasa (31/5).

Berdasarkan hasil laporan dari rumah sakit maupun masyarakat, Dinkes melakukan edukasi dan monitoring sampai ke rumah sakit, kemudian dilakukan pengecekan darah. Kemunculan indikasi itu tidak bisa digolongkan menjadi kasus.
Berdasarkan hasil data yang diterima, jumlah penderita penyakit ini yang dicurigai ada sekitar enam orang. Namun, untuk yang positif terjangkit DBD, hingga kini masih belum ditemukan satupun. Jika nantinya ditemukan telah positif terjangkit, maka pihaknya akan langsung melakukan tindaklajut dengan fogging.
“Sejauh ini, kami hanya memberikan edukasi saja, serta melakukan pemeriksaan di wilayah tersebut apakah ada jentik dan sebagainya,” ungkap Sudarmini. Sementara itu, untuk pencegahannya, pihaknya telah memprogramkan untuk penggunaan bubuk abatesasi Selain itu, nanti juga ada program yang khusus serta melakukan penyuluhan langsung kepada masyarakat.
(rya/jun)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com