Senin, 30 Mei 2011

Datangkan Pengrajin dari Luar

KASONGAN – Untuk memajukan kerajinan rotan di Kabupaten Katingan, banyak usaha yang dilakukan oleh Dinas Industri Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop). Demi meningkatkan keahlian para pengrajin, Disperindagkop tidak hanya mengirimkan mereka untuk mengikuti pelatihan di luar daerah. Namun juga membawa pengrajin dari Jawa untuk melatih pengrajin di Katingan.

“Ada beberapa pengrajin yang kami datangkan dari Pulau Jawa ke Katingan ini untuk membagikan ilmunya. Tujuan kami adalah dengan kehadiran pengrajin dari luar, akan ada banyak inovasi serta kreasi baru dari kerajinan Katingan baik berupa meubel dan hands craft tanpa mengabaikan ciri khas yang Katingan,” terang Kepala Disprindagkop Katingan, Punding Timbang saat dibincangi Kalteng Pos, Kamis (26/5) lalu.
Punding mengungkapkan, bahwa potensi Sumber Daya Alam (SDA) akan rotan di Katingan sangat melimpah. Itulah sebabnya ia melihat perlunya SDA ini dikelola dengan baik. Bukan hanya sekedar menjualnya sebagai bahan mentah, tetapi lebih dari itu yakni bahan mentah yang dibuat menjadi sebuah kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.
Punding juga menyampaikan bahwa para pengrajin yang di datangkan tersebut diberikan kebebasan untuk memilih domisilinya. Jika betah mereka bisa menetap menjadi pengrajin di Katingan. Namun jika tidak ingin menetap, mereka tentu bisa kembali ke daerahnya masing-masing.
Ditambahkannya, bahwa untuk memajukan UKM, Katingan selalu siap dalam mempromosikan kerajinannya dalam setiap kesempatan pameran produk industri dan dagang. Seperti pada kegiatan di Expo Kalteng tangga 19 hingga 22 Mei lalu. “Karena saya mau agar kerajinan di Katingan ini semakin dikenal, dan menjadi produk yang lebih berkualitas namun harganya lebih terjangkau dibanding daerah lain,” tandasnya.
Pria yang baru menjabat sebagai kadis ini juga mengatakan, bahwa dirinya sangat antusias dengan visi Bupati Katingan, Duel Rawing yakni menjadikan Katingan sebagai pusat kerajinan rotan di Indonesia. “Saya sangat tertarik dengan visi tersebut. Karena itu saya menyambut baik tawaran Bapak Bupati untuk bekerjasama dalam mengembangkan kerajinan rotan di Katingan ini dalam tugas saya sebagai kepala dinas,” bebernya.
(nik/arb)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com