Selasa, 07 Juni 2011

Komputer di SMPN-1 Sepang Simin Mangkrak

KUALA KURUN – Tidak kurang dari 18 unit komputer di ruang laboratorium bahasa Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sepang Simin, Kecamatan Sepang Kabupaten Gumas mangkrak karena belum difungsikan sebagaimana mestinya. Keberadaan komputer belasan komputer di sekolah itu sudah cukup lama.
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gumas, Bambang Harapan mengungkapkan, berdasarkan hasil kunjungan kerja Komisi II ke sekolah tersebut pada 26 Mei lalu, pihaknya menemukan 18 unit komputer yang hingga sekarang belum difungsikan oleh pihak sekolah.

“Dari laporan pihak sekolah, kapasitas listrik di laboratorium bahasa tidak mampu untuk menghidupkan komputer. Selain itu, tenaga teknis juga belum tersedia, sehingga belasan komputer tersebut belum bisa difungsikan,” katanya kepada Kalteng Pos di ruang kerjanya, Rabu (1/6).
Bambang didampingi dua rekannya satu komisi, Reliana dan Murni mengungkapkan, jika belasan unit komputer tersebut tidak dioperasikan secara rutin tanpa pemeliharaan maka bisa mengalami kerusakkan. Sehingga proyek yang menelan anggaran daerah ratusan juta terbuang sia-sia.
“Mestinya setiap proyek pengadaan barang harus direncanakan dengan matang terlebih dulu. Seperti komputer ini, harus dipikirkan juga bagaimana dengan listriknya, tenaga teknis dan pendukung lainnya. Dengan demikian proyek tidak sia-sia manfaatnya,” saran Bambang kepada pihak terkait.
Terkait kapasitas listrik yang terpasang belum memadai dan tenaga teknis yang belum tersedia, bambang berharap kepada Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) Kabupaten Gumas agar segera menganggarkan dana penambahan daya di Ruang Laboratorium Bahasa tersebut.
“Yang juga tak kalah pentingnya, bagaimana agar Disdiknas juga menganggarkan dana untuk mengangkat tenaga honorer atau dana guna melatih para tenaga pendidik yang bertanggung jawab dengan bidang studi tersebut,” ujar Bambang.
Bambang menambahkan, pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mendapat laporan dari pihak sekolah setempat, bahwa ruang kepala sekolah juga perlu direhab di bagian lantai yang kondisinya sudah tidak layak lagi.
(alf)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com