Rabu, 08 Juni 2011

Menelusuri Kehidupan Masyarakat di Daerah Pelosok

FAHRYANTI, Palangka Raya
SUNGAI merupakan sarana yang masih sangat berperan penting menopang perekonomian, sekaligus sarana hunian bagi warga di daerah pinggiran di Kota Palangka Raya.
Untuk itulah, warga di daerah bantaran sungai seperti Kecamatan Rakumpit serta sebagian Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Sebangau, tidak luput dari perhatian pemerintah.

Tradisi tinggal di daerah pinggiran, masih menjadi pilihan sebagian masyarakat secara turun temurun, terutama berdiam di bantaran sungai. Meskipun hidup pas-pasan dengan pekerjaan sebagai nelayan, tetapi mereka sangat menikmatinya.
Dengan keadaan tersebut, maka tidak heran di tengah pesatnya pembangunan Kota Palangka Raya, masih ditemukan kecamatan yang tidak terjangkau jalan darat seperti Rakumpit. Bagi kecamatan lain pun walau ada jalan darat namun tidak selalu nyaman untuk dilewati seperti sebagian wilayah Pahandut Seberang.
Salah seorang warga Kelurahan Pahandut Seberang, Anjang, ketika dibincangi Kaltengpos baru-baru ini, mengharapkan, agar warga yang tinggal di bantaran sungai bisa lebih difasilitasi. Terutama menyangkut fasilitas jalan darat dan juga perekonomian setempat yang didominasi sebagai nelayan.
“Kami mengharapkan bantuan seperti penunjang usaha sebagai nelayan dan lainnya. Selain itu pelayanan kesehatan juga bisa dimaksimalkan,” ungkapnya, Rabu (8/6).
Sementara Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, mengatakan, pemerintah akan berusaha membuka keterisolasian ini dengan mengupayakan jalan darat bagi kawasan yang masih menempuh jalan sungai. “Namun, semuanya akan dilakukan secara perlahan dan tidak sekaligus,” katanya.
Ia menyampaikan, langkah ini guna mempermudah pemerataan pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya diperkotaan tetapi juga di desa yang tergolong pinggiran juga.
Selain itu, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemko Palangka Raya, terpaksa program-program peningkatan masyarakat juga dilakukan secara bergilir.
Tahun 2011 ini, pemerintah memusatkan Program Tuntang Memangun Mahaga Lewu (PM2L) di Kelurahan Pahandut Seberang. Di antara program tersebut, yakni perbaikan titian di kelurahan ini serta sejumlah fasilitas lainnya.
Berlatar belakang permasalahan yang ada di daerah pinggiran, Pemko Palangka Raya terus berupaya meningkatkan kualitas serta kuantitas sumber daya manusia (SDM). Dalam beberapa kesempatan Riban Satia berjanji, lebih memperhatikan daerah tersebut dan juga kawasan lainnya yang masih di pinggiran. Diantaranya yakni, Kecamatan Rakumpit serta kecamatan lainnya.
(jun)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com